Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam As-Syafiiyah (UIA) Tahun 2022/2023



Apakah anda sedang mencari informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam As-Syafiiyah (UIA) Tahun 2022/2023?, di bawah ini Informasi Pendaftaran Mahasiswa PendaftaranMahasiswa.com menyampaikan tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam As-Syafiiyah (UIA) Tahun 2022/2023, silahkan baca informasinya sebagai berikut:

Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam As-Syafiiyah (UIA) Tahun 2022/2023


Sejarah Universitas Islam As-Syafiiyah Bekasi

Keberadaan AKPI As-Syafi’iyah pada awalnya didorong oleh dua hal. Pertama, hasrat untuk meningkatkan kualifikasi ilmiah para guru agama lulusan madrasah dan pesantren. Kedua, hasrat untuk mendidik cendekiawan agama yang memiliki integritas ilmiah dalam disiplin ilmu yang dipilihnya. Untuk mewujudkan hasrat itu K.H. Abdullah Syafi’ie mengumpulkan kawan-kawannya yang dinilai mampu mendukung terwujudnya Perguruan Tinggi yang akhirnya melahirkan kesepakatan mendirikan Yayasan Pendidikan Islam As-Syafi’iyah yang diharapkan akan mengelola Perguruan Tinggi tersebut.

Semula AKPI As-Syafi’iyah akan diresmikan pada tanggal 1 Oktober 1965 dengan Kuliah Perdana oleh Jenderal Dr. H. Abdul Haris Nasution. Namun, Jenderal A.H. Nasution cedera dalam peristiwa G.30 S/PKI. Maka kuliah perdana tidak dapat berlangsung. Akhirnya kuliah perdana diganti oleh Dr. Muhammad Hatta, salah seorang Proklamator Negara Republik Indonesia, yang dilaksanakan setelah salat Jumat di Masjid Al-Barkah dalam kompleks As-Syafi’iyah, pada tanggal 14 Nopember 1965.

Dalam perkembangannya, perkuliahan AKPI banyak terganggu oleh aktivitas mahasiswa berdemonstrasi. Namun eksistensi AKPI yang baru lahir itu dapat dipertahankan dan dijaga. Para dosen yang terlibat dalam perkuliahan antara lain K.H. Abdullah Syafi’ie, H. Abdullah Salim, K.H. Ali Assegaf, Syekh As-Sumbati Al-Mishri (Dosen Al-Azhar University yang diperbantukan), Drs. Abdul Salam Djaelani dan Drs. Nurulhuda yang bertindak sebagai pengelola.

Mahasiswa pertama yang terdaftar sebanyak 260 orang. Sebagian besar terdiri dari guru-guru agama dan pemuda-pemuda Islam lulusan madrasah dan pesantren yang tidak mempunyai ijazah formal.

Pada tanggal 12 Maret 1968 didirikan Radio Dakwah yang bernama Radio AKPI As-Syafi’iyah (kini bernama Radio As-Syafi’iyah), yang kegiatannya banyak diisi oleh mahasiswa. Radio ini selain berfungsi sebagai media latihan bagi Mahasiswa, dalam meningkatkan ketrampilan dakwah, juga untuk mengumandangkan semangat perjuangan menegakkan keadilan kebenaran.

Selanjutnya, pasang surut perkembangan UIA dapat digambarkan sebagai berikut:

Periode Pembentukan (1965 – 1977)
Bersamaan dengan ulang tahun Radio Dakwah ke II, 12 Maret 1969 AKPI ditingkatkan menjadi Universitas Islam As-Syafi’iyah (UIA) dengan membuka Fakultas Adab, Fakultas Perdagangan, Fakultas Dakwah dan Fakultas Tarbiyah. Dengan peningkatan tersebut, Yayasan Pendidikan Islam As-Syafi’iyah mengorganisir diri dan menentukan susunan Pimpinan Universitas sebagai berikut:

  • Rektor: Prof. Osman Ralliby
  • Dekan Fakultas Dakwah: Drs. Nurulhuda
  • Dekan Fakultas Adab: K.H. Agus Tjik
  • Dekan Fakultas Tarbiyah: Drs. Nurulhuda

Masa ini UIA dikelola dengan perencanaan yang sederhana sesuai prinsip anutan K.H. Abdullah Syafi’ie yang terkenal dengan “Alaqodril-maunah ta’til maunah” sekadar keperluan, datang pertolongan. Kesederhanaan perencanaan itu, baik dalam hal alat-alat kelengkapan yang diperlukan, perangkat peraturan dan pendukung kegiatan pengelolaannya, sempat mengakibatkan aktivitas akademis UIA mengalami krisis demi krisis karena pimpinan definitif yang dibentuk tidak pernah aktif. Selain itu juga disebabkan prasarana penunjang UIA belum disiapkan secara tersendiri, melainkan menjadi satu dengan aktivitas perguruan pada umumnya.

Pada periode ini bahkan sempat mengalami kefakuman yang berkepanjangan dan boleh dikatakan hanya Fakultas Dakwah yang masih punya aktivitas-aktivitas yaitu menampung lulusan yang berasal dari madrasah, pesantren, SMTA dan para karyawan (terutama guru dan karyawan Perguruan As-Syafi’iyah) dengan menggunakan gedung SMA As-Syafi’iyah di Bukit Duri. tersebut. Yayasan Pendidikan Islam As-Syafi’iyah tidak aktif lagi, sementara itu sudah pula lahir Yayasan Perguruan As- Syafi’iyah dengan pengurusnya K.H. Abdullah Syafi’ie, H. Tutty Alawiyah AS, H. Abdul Rasyid AS, Drs. Nurulhuda, H.M.Djaelani dan H. Zulfahmi Marjohan dan lain-lainnya yang membawahi lembaga-lembaga As-Syafi’iyah.

INFO PENDAFTARAN

WAKTU PELAKSANAAN TES, PENGUMUMAN dan DAFTAR ULANG

Gelombang Masa Pendaftaran Tes Pengumuman Kelulusan Batas Daftar Ulang
Gel. 1 2 – 3 Maret 2022 4-Apr-22 6-Apr-22 30-Apr-22
Gel. 2 1 April – 31 Juli 2022 13 – 16 Juli 2022 17 uli 2022 20 Juli 2022
Gel. 3 1 – 31 Agustus 2022 2 September 2022 3 September 2022 5 September 2022
Gel. 4 (Kelas Karyawan) 1 – 20 September 2022 21 September 2022 22 September 2022 25 September 2022

 90 total views,  1 views today

Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja

Mungkin Anda Tertarik

Demikian kami sampaikan tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam As-Syafiiyah (UIA) Tahun 2022/2023 semoga informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam As-Syafiiyah (UIA) Tahun 2022/2023 ini bermanfaat.