Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Universitas IBA Tahun 2022/2023



Apakah anda sedang mencari informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Universitas IBA Tahun 2022/2023?, di bawah ini Informasi Pendaftaran Mahasiswa PendaftaranMahasiswa.com menyampaikan tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Universitas IBA Tahun 2022/2023, silahkan baca informasinya sebagai berikut:

Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Universitas IBA Tahun 2022/2023


Sejarah Universitas IBA

Kesempatan memperoleh pendidikan, sebelum revolusi dan pada awal kemerdekaan, sangatlah terbatas. Banyak anak-anak yang tidak dapat sekolah. Keprihatinan ini membangkitkan kehendak almarhum Bapak Bajumi Wahab, yang didukung isterinya almarhum Ibu Sajidah, untuk menyelenggarakan pendidikan bagi masyarakat. Sehingga ada generasi penerus yang mampu menciptakan dan membangun dunia usaha.

Badan Pendiri

Badan Pendiri Yayasan IBA terdiri dari sebagai satu – satunya pendiri yaitu Bapak H. Bajumi Wahab dan beliau sekaligus sebagai donatur tunggal, yang dalam pelaksanaannya dibantu kerabat beliau almarhum dr. M. Isa, almarhum Nasaruddin Nuch dan almarhum Dentjik Wahab. Yayasan pendidikan tersebut diberi nama Yayasan IBA, yang merupakan kesatuan dari nama Ida dan Bajumi. Secara legal, Yayasan IBA disahkan pada tanggal 01 September 1959 dihadapan Notaris Tan Thong Kie, tercatat dalam akte no. 48 dan tambahannya no. 61 tanggal 29 Juli 1960. Serta dimuat dalam lebaran Negara no. 60 tahun 1960.

Perguruan IBA

Selesai proses legal tersebut, dimulailah pembangunan gedung, yang dirancang oleh arsitek lulusan Amerika, Oen Poo Haw.  Gedung tersebut diresmikan pemakaiannya oleh Ibu Sajidah pada tanggal 06 Nopember 1960.  Pada awal operasinya, gedung ini menampung siswa-siswi Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Universitas IBA

Pertengahan tahun 1980-an, walaupun pemerintah telah mendirikan tambahan 32 Perguruan Tinggi Negeri, Universitas dan Institut, masih banyak siswa yang tidak tertampung di perguruan tinggi.  Hal ini dialami calon mahasiswa di luar pulau Jawa, termasuk diantaranya wilayah Sumatera Selatan. Sehingga pada tanggal 1 November 1986, Yayasan IBA mendirikan Universitas IBA.

Pendaftaran Mahasiswa Baru

Syarat Umum:

  • WNI/WNA yang dibuktikan dengan kewarganegaraan
  • WNA dengan surat izin Dirjen Dikti Depdiknas RI
  • Lulusan SMU/SMK/MA setingkat SMU

Syarat Khusus:

  1. Mengisi formulir pendaftaran
  2. Menyerahkan 1 lembar fotocopy ijazah dan NEM/SKHUN yang dilegalisir
  3. Menyerahkan 3 lembar pas-photo 3 x 4, dan 2 lembar pas photo 2 x 3
  4. Biaya Pendaftaran Rp. 450.000,- untuk Reguler
  5. Biaya Pendaftaran Rp. 450.000,- untuk Transisi / Pindahan

Calon Mahasiswa Transisi/pindahan :

Selain persyaratan di atas, ditambah dengan persyaratan berikut :

Membayar uang konversi Rp. 200.000,- dan melampirkan :

  • 1 (satu) lembar fotocopy ijazah terakhir yang telah dilegalisir
  • 1 (satu) lembar fotocopy transkrip yang telah dilegalisir
  • Surat Izin pindah (bagi calon pindahan) dari tempat asal.

 71 total views,  1 views today

Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja

Mungkin Anda Tertarik

Demikian kami sampaikan tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Universitas IBA Tahun 2022/2023 semoga informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Universitas IBA Tahun 2022/2023 ini bermanfaat.