Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Tamansiswa (UNITAS) Palembang Tahun 2022/2023



Apakah anda sedang mencari informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Tamansiswa (UNITAS) Palembang Tahun 2022/2023?, di bawah ini Informasi Pendaftaran Mahasiswa PendaftaranMahasiswa.com menyampaikan tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Tamansiswa (UNITAS) Palembang Tahun 2022/2023, silahkan baca informasinya sebagai berikut:

Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Tamansiswa (UNITAS) Palembang Tahun 2022/2023


Sejarah Universitas Tamansiswa Palembang

Mengingat pertumbuhan Cabang Tamansiswa di daerah SUMSELALU (Sumatera Selatan, Lampung dan Bengkulu) dan lebih khusus lagi Tamansiswa cabang Palembang. Tamansiswa Cabang Palembang berkeinginan mendirikan sebuah Universitas. Dalam usahanya untuk mendirikan Universitas, pimpinan perguruan Tamansiswa Palembang telah mengadakan konsultasi dengan Majelis Luhur Persatuan Perguruan Tamansiswa sekaligus memohon petunjuk dan restunya. Disamping itu melakukan kunjungan kepada Pimpinan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta dengan tujuan meminta saran dan bahan-bahan yang diperlukan dalam pendirian Universitas dengan mengingat pasal 40 peraturan besar Tamansiswa yang menyatakan antara lain :
“Sarjanawiyata (Universitas) adalah lembaga Pendidikan Tinggi Tamansiswa yang diusahakan oleh persatuan Tamansiswa Palembang dengan tujuan :

  1. Meningkatkan dan mengembangkan ilmu sebagai saran pengabdian, memajukan dan mensejahterakan masyarakat dengan menjunjung tinggi nilai adab kemanusiaan.
  2. Membina ilmu dalam kaitanya dengan sosial budaya yang tak terpisahkan dengan lingkungan hidup dan budaya bangsa Indonesia.
  3. Meneliti dan mengembangkan ajaran hidup Tamansiswa.

Memperhatikan pedoman/petunjuk pelaksanaan pendirian perguruan tinggi swasta oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasiornal tahun 1985, maka Perguruan Tamansiswa Cabang Palembang melalui surat Nomor : 87/Plg/Pan/D/AII-B/1986 telah mengajukan permohonan kepada Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa di Yogyakarta untuk mendapatkan izin mendirikan Perguruan Tinggi Tamansiswa Palembang, pada Tanggal 18 September 1986 melalui surat Nomor : Pend.770/D/IX/1986 Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa memberikan izin kepada Tamansiswa Cabang Palembang untuk mempersiapkan pendirian Perguruan Tinggi Tamansiswa di Palembang.

Selanjutnya Majelis Luhur melalui Surat Nomor : Pend.810/H-R/1986 tanggal 20 September 1986 memberikan kuasa kepada Majelis Cabang Tamansiswa Cabang Palembang untuk mendirikan Yayasan Perguruan Tinggi Tamansiswa (YPTTS). Berdasarkan Surat Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa tersebut Majelis Harian Tamansiswa Palembang dengan Surat Keputusan Nomor : 024/Org/D/AH/B/1986 tanggal 22 September 1986 membentuk tim studi kelayakan pendirian Universitas Tamansiswa Cabang Palembang sebagai langkah selanjutnya Perguruan Tamansiswa Cabang Palembang dengan surat Nomor: 88/Plg/Pan/K/AH-B/1986 tanggal 17 September 1986 mengajukan permohonan pendirian Universitas Tamansiswa Palembang kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah II di Palembang. Dengan Surat Keputusan Nomor: 0354/0/1989 tanggal 08 Juni 1989 dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tetang pemberian STATUS TERDAFTAR kepada Fakultas/Jurusan/Program Studi di Lingkungan Universitas Tamansiswa Palembang.

Pendaftaran Mahasiswa Baru

Syarat Pendaftaran

  1. Warga Negara Republik Indonesia, WNI Keturunan Asing yang dikukuhkan dengan bukti Kewarganegaraan RI
  2. Memiliki Ijazah / STTB SMA, SMK dan Madrasah Aliyah (MA) atau Sekolah Setingkat SMA
  3. Membayar Biaya Pendaftaran dan Ujian Saringan Masuk
  4. Mengisi Formulir Pendaftaran yang lengkap dan dikembalikan ke bagian Pendaftaran dengan melampirkan :
  • Fotocopy Ijazah dan STL yang telah dilegalisir sebanyak 3(tiga) Lembar
  • NEM / Daftar Nilai yang telah dilegalisir sebanyak 3)tiga) Lembar
  • Pas Photo Hitam Putih ukuran 3×4 sebanyak 5(lima) Lembar dan ukuran 2×3 sebanyak 3 (tiga) Lembar
  • Kwitansi Bukti Pembayaran Pendaftaran yang diperoleh dari Bank Sumsel dengan No. 150.630.0025 a/n Universitas Tamansiswa Palembang

Loading

Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja

Demikian kami sampaikan tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Tamansiswa (UNITAS) Palembang Tahun 2022/2023 semoga informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Tamansiswa (UNITAS) Palembang Tahun 2022/2023 ini bermanfaat.